Sekedar Berbagi Catatan

Sebagai mahasiswa program doktor  yang mendapatkan beasiswa penuh, saya menikmati banyak kemewahan. Pertama, tentu soal waktu yang cukup luas untuk membaca dan menulis. Kedua, saya mendapatkan akses ke perpustakaan yang lengkap, termasuk akses ke jurnal-jurnal terbaru. Akses ini yang sulit didapat ketika di Indonesia.

Salah satu pekerjaan saya tiap hari adalah membaca buku dan artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah. Banyak sekali informasi, data dan analisis menarik dari artikel-artikel tersebut. Tidak kalah menariknya adalah perdebatan keras di berbagai bidang dan isu yang sungguh luar biasa. Saya sering terkesima saat membaca perdebatan-perdebatan itu karena masing-masing menunjukkan argumentasi yang sangat kuat dan sesungguhnya sangat sulit untuk dibantah.

Nah, mulai saat ini saya akan secara rutin membagikan bacaan saya.  Saya akan membagikan catatan saya atas jurnal dan buku menarik yang saya baca. Saya akan mengunggah satu-dua catatan setiap bulan.  Minat saya pada persoalan ekonomi politik. Jadi akan banyak tulisan singkat saya tentang persoalan ekonomi dan politik. Meski demikian saya juga menaruh perhatian pada soal hukum serta persoalan sosial lainnya.  Mohon maaf karena saya tidak terlalu rajin untuk menulis setiap tulisan yang saya baca. Tetapi paling tidak saya punya sedikit kontribusi untuk merawat akal sehat dan membuat dunia maya tetap sehat.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply